Rabu, 06 Mei 2015

Makalah ALAT ATAU MEDIA PENDIDIKAN ISLAM

Makalah
ALAT ATAU MEDIA PENDIDIKAN ISLAM

http://blog.umy.ac.id/utaritriutami/files/2012/11/Ilmu-Pendidikan-Islam.jpg


Oleh :
Kelompok V
Nama anggota :
1.     RISKA NURISMA
2.     FATMA WATI
3.     SUPRATMAN
4.     FITRA RAMADHAN
5.     MASRIN

SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM
STAI AL-AMIN

TAHUN AKADEMIK 2014/2015


                                                KATA PENGANTAR              

Puji sukur kita panjatkan kehadirat  allah swt yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahnya sehinga peenyusunan tugas alat atau media pendidikan islam oleh kami dari  kelompok V dapat diselesaikan pada waktunya..

Taklupa pula kita khaturkan salam serta sholawat kepada junjungan alam Nabi besar Muhammad SAW  yang  telah membawa peradaban umat manusia dari jaman jahiliah menujuh jaman yang terang benderang  yang seperti kita rasakan hari ini.

            Dengan adanya tugas ini maampu memotifai kita/mahasiswa untuk terus mendalami pendidikan islam khususnya dalam memahami alat atau media pendidikan dalam islam.


































DAFTAR ISI
cover
.........................................................................................................

Kata pengantar
........................................................................................

Daftar isi
.................................................................................................

BAB I
pendahuluan
........................................................................................
1
A.    Latar belakang
........................................................................
1
B.     Rumusan masalah
........................................................................
2
C.     Tujuan
........................................................................................
2
BAB II
PEMBAHASAN
...................................................................................
3
1.      Pengertian Alat/Media Pendidikan
................................................
3
2.      Bentuk-bentuk dan jenis Alat Pendidikan Islam
...........................
3
3.      Fungsi Alat/Media Pendidikan Dalam Islam
...............................
8
4.      Prinsip-prinsip dari Alat/ Media Pemdidikan Islam
....................
12
5.      Pengaruh Alat/Media Dalam Pendidikan Islam
...........................
12
6.      BAB III
7.      PENUTUP
.............................................................................................
13
A. Simpulan
........................................................................................
13
B. Saran
........................................................................................
13

















BAB I
PENDAHULUAN

A.    LATAR BELAKANG
Manusia hidup di dunia ini dalam keadaan buta, buta mata karena meski terlihat dia membuka mata tapi tidak sama sekali faham apa yang terdaji dengan kenyataan hidup, ini dengan itu kebutaan itu manusia di latih untuk bisa melihat dan tahu dari mana, apa dan bagaimana sebenarnya kenyataan hidup ini,untuk bisa mengetahui hakikat hidup yang sebenarnya manusia membutukan banyak pengarahan, pendidikan mulai dari lahir sampap dia mati karena pendidikan dalam kehidupan itu tidaklah ada batasnya, maka dari itu pendidikan itu penting, utnk mengetahui apa tujuan dan akan kemana nanti nsetelah hidup ini berakhir
Tujuan pendidikan Islam seiring dengan tujuan Allah menciptakan manusia, yakni untuk mengabdi kepada-Nya. Pengabdian pada Allah sebagai realisasi dari keimanan yang diwijidkan dalam amaliah untukmencpai derajat orang yang taqwa disisinya,. Kemudian Allah menciptakan manusia sebagai khalifah untuk melaksanakan tugasnya. Khlifah dituntut menjadikan sifat-sifat Allah bagian dari karakteristik keperibadiannya untuk mendukung terwujudnya kemakmuran. Pengabdian dan ketaqwaan kepada Allah merupakan jembatan untuk mencapai kebahagian hidup didunia dan akhirat.
Dalam kaitannya dengan usaha menciptakan suaana yang kondusif itu, alat/media pendidikan atau pengajaran mepunyai peranan yang sangat penting. Sebab alat/ media merupakan sarana yang membantu prose pembelajaran terutama yang berkaitan dengan indra pendengaran dan pengelihatan. Adanya alat/media bahkan dapat mempercapat prose pembelajaran murid karena dapat membuat murid lebih capat menanggapj pelajaran.
Dengan adanya alat/media maka tradisi lilsan dan tulisn dalam proses pembelajaran dapat diperkaya sengan berbagai alat/media pengajaran. Dengan tersedianya alat /media pembelajaran, guru dapat menciptakan berbagai situasi yang berlainan dan menciptakan iklim yang emosional yang sehat diantara murid-muridnya.





B.     RUMUSAN MASALAH
1.      Apakah yang dimaksud dengan alat/media pendidikan Islam ?
2.      Apa saja bentuk dan  jenis alat/media dalam pendidikan Islam ?
3.      Apa fungsi  alat/media dalam pendidikan Islam ?
4.      Bagaimana pengaruh alat/media dalam pendidikan Islam ?

C.    TUJUAN
Adapun tujuan dari makalah ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pemahaman teman-teman mahasiswa STAI Al - AMIN khususnya saya pribadi dalam memahami materi alat/media pendidikan Islam.























BAB II
PEMBAHASAN

1.       Pengertian Alat/Media Pendidikan
Dari beberapa literature, tidak terdapat perbedaan pengertian antara alat dan media pendidikan, Zakiah Darajat menyebutkan pengertian alat pendidikan sama dengan media pendidikan sebagai sarana pendidikan.
Term alat berarti barang sesuatu yang dipakai untuk mencapai suatu maksud. Sedangkan media berasal dari bahasa latin dan bentuk jamak dari medium yang secara hafifah berarti perantara atau pengantar.
Dalam hal ini batasan makna media pendidikan dirumuskan pada beberapa batasan. Diantaranya, Gegne menyebutkan bahwa media adalah berbagai jenis komponen dalam lingkungan siswa yang dapat merangsang peserta didik untuk belajar.
Sementara Brigs mendefinisikan media sebagai salah satu bentuk alat fisik yang dapat menyajikan pesan yang dapat merangsang siswa untuk belajar. Dari dua definisi mengacu pada penggunaan alat yang berupa benda untuk membantu proses penyampaian pesan.
Selanjutnya yang dimaksud dengan alat/media pendidikan Islam disini adalah jalan atau cara yang dapat ditempuh unuk menyampaikan bahan atau materi pendidikan Islam kepada anak didik agar terwujud keperibadian muslim.
Alat pendidikan Islam yaitu segala sesuatu yang dapat digunakan untuk mencpai tujuan pendidikan Islam,dengan demikian maka alat ini mencangkup apa saja yang sfapat digunakan dan mempunyai peranan penting sebab alat/media dapat digunakan utuk menuntun atau membumbing anak dalalm masa pertumbuhannya agar kelak menjadi kepribadian muslimyang diridhoi oleh Allah.

2.       Bentuk-bentuk dan jenis Alat Pendidikan Islam
Pendidikan sebagai suatu sistem, terdiri atas berbagai komponen yang masing-masing saling berkaitan dan berhubungan,untuk mencapai keberhasilan pendidikan, sesuai dengan yang telah diprogramkan. Dengan demikian setiap komponen memiliki sifat saling tergantung sesamanya. Keselarasan antar komponen ini akan menopang keberhasilan pencapaian tujuan pendidikan.
Salah satu diantara komponen tersebut adalah alat pendidikan. Zuhairini menyebut, alat pendidikan sebagai segala sesuatu yang bisa menunjang kelancaran pendidikan (Zuhairini:181 ).
            Alat pendidikan dapat berbentuk tindakan, perbuatan, situasi atau benda, yang dengan sengaja diadakan untuk mencapai tujuan pendidikan.luas. termasuk alat yang berupa benda maupun yang bukan benda. Alat pendidikan yang berupa benda seperti ruangan kelas, perlengkapan belajar dan lain sejenisnya. Alat ini biasa disebut sebagai alat peraga. Sedangkan yang bukan berupa benda dapat berupa situasi, pergaulan, perbuatan, teladan, nasihat, bimbingan, contoh, teguran, anjuran, ganjaran, perintah, tugas, ancaman maupun hukuman yang digunakan untuk mencapai tujuan pendidikan.        
Untuk mencapai tujuan pendidikan,tentunya dari sekian banyak alat pendidikan itu dapat dipilih secara selektif diantara yang paling serasi dan efektif untuk digunakan dalam mendidik anak. Untuk menanamkan agar peserta didik terbiasa hidup bersih, mungkin teladan dan bimbingan merupakan alat pendidikan yang efektif. Kemudian untuk memacu prestasi atau motivasi belajar, maka alat pendidikan yang dinilai efektif adalah ganjaran. Nilai rapor merupakan salah satu bentuk ganjaran yang dikenal dalam dunia pendidikan.

Dalam pendidikan Islam alat pendidikan yang paling diutamakan adalah teladan. Baik orang tua maupun guru diwajibkan untuk menempatkan dirinya sebagai sosok teladan bagi putra-putri dan peserta didik. Sejalan dengan hal itu maka pendidikan Islam menempatkan Rasulullah SAW. Sebagai sosok teladan utamanya, sebagaimana dinyatakan  oleh Al-Qur’an ( laqad kana laqum fi Rasul Allah uswat  hasanah)  Bagi para pendidik,sosok kehidupan dan perilaku beliau senantiasa dijadikan acuan dalam mendidik.                 
            Beberapa ahli pendidikan  Islam menyebut bahwa  alat pendidikan Islam  jauh lebih banyak  dibandingkan dengan alat pendidikan lainnya. Alat-alat yang dapat  dipakai oleh pendidik/guru pendidikan Islam menyangkut hal yang kongkret  dan abstrak, yang yang disediakan langsung oleh guru dan sekolah, maupun  yang langsung ada ditengah  kehidupan masyarakat  seperti alam dan berbagai  fenomena yang terjadi atasnya.
Dari sekian banyak alat pendidikan Islam yang yang dapat dijadikan sarana penunjang pelaksanaan pendidikan Islam, para ahli pendidikan  menyimpulkannya menjadi tiga sarana.



*      Tiga sarana dimaksud adalah:
a.       Alat pengajaran agama yang disediakan oleh guru atau lembaga pendidikan Islam.
b.      Alat pendidikan agama yang langsung,  seperti alam dan fenomena kealaman
c.       lat pendidikan yang tidak langsung

*      macam. Macam-macam alat-alat pendidikan dilihat dari segi wujudnya ini dapat dibagi menjadi:
1.      Wujud yang terbentuk dalam perbuatan pendidik  ( sering juga disebut software). Wujud sarana  yang demikian ini mencakup nasihat, teladan, larangan, perintah, pujian, teguran, ancaman, ancaman dan hukuman yang diberikan atau dipertunjukkan oleh guru/atau pendidik kepada muridnya.
2.      Benda-benda fisik yang berfungsi sebagai alat bantu dalam pelaksanaan pendidikan ( disebut hardware ). Wujud sarana/alat pendidikan Islam yang demikian mencakup: meja-kursi belajar, papan tulis, penghapus, kapur tulis, buku, peta, dan lainnya (Wens Tanlain,dkk,1992: 52).

Sumber rujukan utama terhadap kedua jenis alat pendidikan ini, ialah kitab-kitab fiqh yang memuat syarat-syarat rukun Islam, yaitu peraturan-peraturan Tuhan yang harus dilaksanakan untuk kebahagian hidup manusia baik dunia maupun diakhirat. Sumber-sumber fiqh  dimaksudkan adalah :Qur’an, Hadist, Ijma’, dan Qiyas
Adapun Sutari Imam Barnadib mengemukakan bahwa alat pendidikan ialah tindakan atau perbutan atau situasi atau benda yang dengan sengaja diadakan untuk mencapai tujuan pendidikan. 
Alat pendidikan ternyata mencangkup pengertian yang luas. Yang termasuk didalamnya berupa benda, seperti kelas, perlengkapan belajar dan yang sejenisnya. Alat ini disebut juga dengan alat peraga. Sedangkan yang merupakan alat bukan benda ialah dapat berupa situasi pergaulan bimbingan perintah, ganjaran teguran, anjuran serta tugas ancaman maupun hikuman
Media pendidikan/alat pendidikan yang bersifat non materi memiliki sifat yang abstrak dan hanya dapat diwujudkan melalui perbuatan dan tingkah laku seorang pendidik terhadap anak didiknya.

*      Diantar media dan sumber belajar yang termasuk kedalam katagori ini adalah : keteladanan, perintah,tingkah laku, ganjaran dan hukuman.
1.      Keteladanan
Pada umumnya manusia memerlukan figure ( sosok) identidikasi yang dapat membimbing manusia kearah kebenaran untuk memenuhi keinginan tersebut, untuk itu Alla¬h mengutus Muhammad menjadi tauladan bagi manusia dan wajib diikuti oleh umatnya. Untuk menjadi sosok yang ditauladani, Allah menmerintahkan manusia termasuk pendidik selakau khalifah fial-ardh mengerjakan perintah Allah dan Rasul sebelum mengajarkannya kepada ornag yang akan dipimpin. Rasullulah bersabda :
Artinya;
“Perhatikanlah anak-anak kamu dan bentuklah budi pekertinya sebaik-baiknya”. 

2.      Perintah dan Larangan
Seorang muslim diberi oleh Allah tugas dan tanggungjawab melaksanakan peserta didikan “amar ma’ruf nahi munkar”. Amar ma’ruf nahi munkar merupsksn alat / media dalam pendidikan. Perintah adalah suatu keharusan untuk berbuat atau melaksanakan sesuatu.
Suatu perintah akan mudah ditaati oleh peserta didik jika pendidik sendiri menaati peraturan-peraturan, atau apa yang dilakukan sipendidik sudah dimiliki atau menjadi pedoman pula bagi hidup si pendidik.
Sementara larangan dikeluarkan apabila si peserta didik melakukan sesuatu yang tidak baik atau membahayakan dirinya.larangan sebenarnya sama dengan perintah. Kalau perintah merupakan suatu keharusan untuk berbuat sesuatu yang bermanfaat, maka larngan adalah keharusan untuk tidak melakukan sesuatu yang merugikan

3.      Ganjaran dan Hukuman
Maksud ganjaran dalam konteks ini adalah memberikan sesuatu yang menyenangkan( penghargaan) dan dijadikan sebuah hadiah bagi peserta didik yang berprestasi, baik dalam belajar maupun sikap prilaku. Pendidik dalam pendidikan Islam yang tidak memberikan ganjaran kepada peserta didik yang telah memperoleh prestasi sebagai hasila belajar, maka dapat diartikan secara implsit bahwa pendidik belum memanfaatkan alat pengajaran seoptimalnya.


4.      Hukuman
Selain ganjaran, hukuman juga merupakan alat / media pendidkan. Dalam Islam hukuman disebut dengan iqab. Abdurahman an-nahkawi menyebutkan bahwa tahrib yang berarti ancaman atau intimidasi melalui hukuman karena melakukan sesuatu yang dilarang.
Sejak dahulu, hukuman dianggap sebagai alat/media yang istimewa kedudukannya, sehingga hukuman itu diterapkan tidak hanya dibidang pengadilan raja, tetapi juga diterapkan pada semua bidang, termasuk bidang pendidikan. 

*      Menurut alghazali alat tersebut di bagi dua bagian yaitu:
1.      Alat pendidikan preventif
a.       Anjuran dan perintah
Sewatu anak-anaktelah mencapai usia tamyis atau mampu menmbedakan sesuatu maka hendaklah ia tidak di berkan kesempatan untuk meninggalkan bersuci dan sholat serta ia juga di perintahkan berpuasa pada sebagian hari-hari bulan romadhan.
b.       Larangan
Dan ia di larang sama-sekali bersumpah baik yang benar maupun yang palsu , agar ia tidak membiasakan bersumpah di waktu ia masih kecil.
c.       Disiplin
Dan sebaiknya anak-anak di biasakan tidak meludah di tempat duduknya tidak membuang ingus dan menguap di hadapan orang lain serta tidak membelakangi lainnya.

2.      Alat pendidikan kuratif  
a.      Peringatan
Awas setelah ini jangan kau lakukan perbuatan semacam ini lagi, jika engkau berbuat demikian lai, maka rahasiamu akan di beritahukan orang banyak,”
b.      Teguran
Dan janganlah memperbanyak kata dalam menegur anak setiap kali, karena yang demikian itu akan menyebabkan anak berbuat remah mendengar celaan, akan mengangangap mudah melakukan keburukan, dan perkataan itu tidak akan meraasap dalam hatinya”


c.       Sindiran
“adlah termasuk cara-caramengajar yang halus bahwa seoran guru mencegah murid dari perbuatan yang buruk dengan cara sindiran sedapat mungki jangan dengan cara terus terang, dengan cara kasih saying dan halus, jangan dengan cara mencelah.
d.      Ganjaran
Ganjaran sebagai salah satu alat pendidikan yang di berikan kepada murid sebagai imbalan terhadap prestasi yang di capainya. Dengan ganjaran ini di harapkan anak terangsang dan bisa dengan tingkah laku yang baik.

*     Menurut alghazali ganjaran itu ada tiga macam.
a.       Penghormatan (penghargaan) baik berupa kat-kata maupun isyarat
b.      Hadiyah ganjaran yang berupa pemberian sesuatu materi yang bertujuan untuk mengembirakan anak,
c.       Pujian di hadapan orang banyak, ganjaran yang berupa pujian ini dapatdi berikan dihadapan teman-teman sekelas satu sekolah atah dihadapan teman-teman dan orang tua/wali murid,

3.      FUNGSI ALAT/MEDIA PENDIDIKAN DALAM ISLAM
Fungsi media pendidikan adalah menciptakan iteraksi langsung dan tak langsung antara sumber pesan, guru, media dan siswa untuk membantu mengatasi berbagai hambatan-hambatan dalam proses belajar mengajar, sehingga proses komunikasi akan berhasil.

*      Ditinjau dari segi fungsinya, alat pendidikan dapat dibagi menjadi beberapa fungsi.Fungsi-fungsi alat pendidikan dimaksud adalah:
1.      Pembagian jenis pertama
Alat pendidikan Islam jenis pertama berfungsi sebagai perlengkapan pendidikan dan alat pembantu dalam mempermudah usaha pencapaian tujuan pendidikan ( ditinjau dari pandangan yang lebih dinamis.
2.      Pembagian jenis kedua
Alat pendidikan yang disesuaikan dengan taraf-taraf  perkembangan tertentu yang terjadi pada anak, dilihat dari sukar dan mudahnya atau “diterima” nya alat pendidikan oleh anak di lihat dari fungsi ini,

*      maka alat-alat dapat dibagi atas:
a.       Alat-alat pendidikan yang memberi perlengkapan untuk kecakapan tertentu kepada anak didik seperti transformasi pengetahuan dan hafalan. Alat-alat pendidikan ini dapat pula disebut dengan alat-alat pembiasaan.
b.      Alat-alat pendidikan yang berfungsi untuk memberi pengertian, membentuk sikap,minat, dan cara-cara berfikir yang harus dilakukan oleh anak didik berdasarkan berbagai materi pendidikan yang telah ditetapkan.
c.       Alat-alat pendidikan yang membawa anak didik keheningan batin, kepercayaan diri sepenuhnya kepada Allah, yang  menciptakan manusia dan alam serta seluruh makhluk yang ada didalamnya.

3.      Pembagian jenis ketiga
*      Alat-alat pendidikan Islam jenis ketiga ini dapat dibagi atas:
a.       Alat-alat langsung: yaitu alat-alat yang bersifat menganjurkan sejalan dengan maksud usaha yang hendak dicapai dalam pelaksanaan pendidikan.
b.      Alat-alat tidak langsung: yaitu alat- alat yang berfungsi pencegahan dan pembasmian terhadap hal-hal yang bertentangan dengan maksud dan usaha yang diinginkan dari pelaksanaan pendidikan Islam.

4.      Pembagian jenis keempat
 Alat  pendidikan jenis keempat adalah jenis alat yang mengharuskan anak didik dan pendidik, sebagai alat-alat pendidikan yang paling penting dan paling bertanggung jawab.( Ahmad D.Marimba, 1989: 50-55).










*      Alat pendidikan yang dapat dipergunakan dalam pelaksanaan pendidikan agama dapat dibedakan menjadi beberapa macam.Alat-alat dimaksud adalah :
1.      Alat-alat Pengajaran Klasikal
Alat pengajaran klasikal adalah alat-alat pengajaran yang digunakan guru bersama dengan murid. Sebagai contohnya papan tulis, kapur, tempat shalat, dan tempat ibadah lainnya.
2.      Alat Pengajaran  Individual
Alat Pengajaran Individual adalah alat-alat pengajaran yang dimiliki oleh masing-masing  murid dan masing-masing guru. Contoh alat pengajaran ini adalah: Alat-alat tulis, buku pelajaran untuk murid, buku-buku pegangan, buku-buku persiapan guru, dan lainnya.
3.      Alat  Peraga
Alat Peraga adalah alat pengajaran yang berfungsi untuk memperjelas atau memberi gambaran yang kongkret tentang hal-hal yang dianjurkan dan dilarang dalam materi pendidikan Islam.

*      Penggunaan alat pendidikan berupa tindakan pendidikan akan tampak dalam bentuk tindakan yang bersumber pada kewibaan pendidik. Hal ini akan terlihat dari:
1.      Teladan
Teladan ialah tindakan pendidik yang sengaja untuk ditiru oleh anak didik. Teladan merupakan alat pendidikan yang utama, sebab terikat erat dalam pergaulan dan berlangsung secara wajar.
2.      Perintah
Perintah adalah tindakan pendidik menyuruh anak didik melakukan sesuatu yang diharapkan untuk mencapai tujuan tertentu. Perintah ini lahir dari pemahaman pendidik terhadap keadaan anak didik dan niat untuk membantu anak didik.
3.      Larangan
Larangan ialah tindakan pendidik menyuruh anak didik untuk tidak melakukan atau    menghindari tingkah laku tertentu demi tercapainya tujuan pendidikan tertentu.
4.      Pujian dan hadiah
Pujian dan hadiah ialah tindakan pendidik yang berfungsi memperkuat penguasaan tujuan pendidikan tertentu yang telah dicapai oleh anak didik.

5.      Teguran
Teguran merupakan tindakan pendidik untuk mengoreksi pencapaian tujuan pendidikan oleh anak didik.
6.      Ancaman
Ancaman ialah tindakan pendidik mengoreksi secara keras tingkah laku anak didik yang tidak diharapkan, dan disertai perjanjian jika terulang lagi akan diberi hukuman. Ancaman merupakan kelanjutan dari teguran. Ancaman lazimnya menimbulkan ketakutan dan menimbulkan kemungkinan anak didik menerima karena takut atau anak didik menolak karena tidak mau dipaksa.
7.      Hukuman
Hukuman merupakan alat pendidikan yang istimewa, sebab membuat anak didik menderita. Hukuman ialah tindakan pendidik terhadap anak didik karena melakukan kesalahan, dan dilakukan  agar anak didik tidak lagi melakukannya.

*      Abu Bakar Muhammad berpendapat bahwa kegunan media pendidikan itu adalah :
a.        mampu mengatasi kesulitan-kesulitan dan memperjelasmateri pelajaran yang sulit
b.      mampu mempermudah pemahaman dan menjadikan pelajaran lebih hidup
( menarik).
c.       merangsang anak untuk bekerja dan menggerakan naluri kecintaan, melatih belajar dan menimbulkan kemauan keras untuk mempelajari sesuatu.
d.      membantu pembentukan kebiasaan, melahirkan pendapat memperhatikan dan memikirkan suatu pelajaran.
e.       menimbulkan kekuatan perhatian ( ingatan), mempertajam indra memperhalus perasaan dan cepat belajar.









4.      Prinsip-prinsip dari Alat/ Media Pemdidikan Islam
Apabila umat Islam mau mempelajari pelaksanaan pendidikan Islam sejak zaman silam sampai sekarang ini, tentunya para pendidik itu telah mempergunakan media pendidikan Islam yang bermacam-macam, walaupun diakui alat/media yang digunakan ada kekurangannya.
Oleh karena itu alat/ media pendidikan ini harus searah dengan Al-Qur’an dan as-sunnah, tidak boleh bertentangan dengan Al¬-Qur’an dan as¬sunnah.
Prinsip-prinsip yang dapat dijadikan dasar dalam pengembangan atau penggalian kesejahteraan manusia didunia yaitu :Sabda Rasul
Artinya “ Mudahkanlah, jangan engkau persuli, berilah kabar-kabar yang menggembirakan dan jangan sekali-kali engkau memberikan kabar-kabar yang menyusahkan sehingga merka lari menjauhkan diri darimu, saling ta’atlah kamu dan jangan berselisih yang dapat merenggangkan kamu. ( Al-Hadits ). 
*      Dari hadits ini dapat diambil kesimpulan bahwa dalam menyelenggarakan kegiatan untuk kesejahteraan hidup manusia termasuk didalamnya penyelenggaraan media pendidikan Islam harus mendasarkan kepada prinsip.
1.      Memudahkan dan tidak mempersulit
2.      Menggembirakan dan tidak menyusahkan
3.      Dalam memutuskan segala sesuatu hendaknya selalau memiliki kesatuan pandangan dan tidak berselisih paham yang dapat membawa pertentangan bahkan pertengkaran.
5.      Pengaruh Alat/Media Dalam Pendidikan Islam
Dalam pendidikan Islam, alat /media jelas diperlukan. Sebab,alat/media pengajaran mempunyai peran yang besar dan berpengaruh terhadap pencapaian tujuan pendidikanyang diinginkan.
Terdapat pendapat beberapa para ahli pendidikan mengenai manfaat atau kegunaan dari alat/media dalam pendidikan.
Yusuf Hadi Miraso dkk, umpamanya menyatakan bahwa alat/media berupa benda dalam pendidikan memiliki nilai-nilai praktis edukatif yang meliputi :
1.      membuat konsep abstrak menjadi konkret.
2.      membawa objek yang sukar didapat dalam lingkunagan belajar siswa






BAB III
PENUTUP
A.    Simpulan
Dalam pendidikan Islam alat/media yang berupa benda perlu dikembangkan. Alat/media yang berupa non-benda juga perlu mendapat perhatian. Zakiah Darajat menyebutkan pengertian alat pendidikan sama dengan media pendidikan sebagai sarana pendidikan.
Alat pendidikan ternyata mencangkup pengertian yang luas. Yang termasuk didalamnya berupa benda, seperti kelas, perlengkapan belajar dan yang sejenisnya. Alat ini disebut juga dengan alat peraga.
Sedangkan yang merupakan alat bukan benda ialah dapat berupa situasi pergaulan bimbingan perintah, ganjaran teguran, anjuran serta tugas ancaman maupun hukuman.
Dengan demikian apabila pendidikan Islam memanfaatkan alat/media pengajaran tersebut secara optimal, maka peserta didik akan memiliki pemahaman yang bagus terhadap materi yang disampaiakan. Serta meningkatkan morasl dan akhlak yang baik dengan memperhatikan penggunaan alat/media pengajaran tersebut akan mampu tercapainya tujuan pendidikan islam yang efektif.

B.     Saran
Dalam pembuatan makalah ini mungkin masih terdapat beberapa kesalahan baik dari isi dan cara penulisan.
Untuk itu kami dari kelompok V (lima) mengharapkan masukan dan arahan dari

Bapak/ibu dosen untuk sedikit mengkoreksi makalah yang kami susun ini guna meningkatkan kualitas dan kemampuan kami kelompok V dalam bersain di dunia Akademik..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar